Profil Laboratorium

Laboratorium Sistem Komputer merupakan satu satunya Laboratorium di bawah naungan Program Studi Sistem Komputer. Selain kegiatan praktikum, Laboratorium Sistem Komputer berperan secara aktif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer baik di dalam maupun di luar materi perkuliahan dengan memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara mandiri dan memfasilitasi mahasiswa untuk pengerjaan Tugas Akhir. Untuk rincian praktikum yang diselenggarakan di bawah tanggung jawab laboratorium Sistem Komputer adalah sebagai berikut :

  • Praktikum Object Oriented Programming (OOP)  diselenggaarakan pada semester 3, materi yang disampaikan berkolerasi dengan silabus yang diberikan pada kuliah OOP. Dengan adanya praktikum OOP  diharapkan menjadikan media pendalaman materi Objeck Oriented Programming, diharapkan dapat lebih mengenal tentang OOP dan aplikasi pemrograman yang berbasis objek. Dalam praktikum OOP terdapat asistensi yang membantu praktikan untuk menyelesaikan tugas besar.
  • Praktikum Jaringan Komputer diselenggarakan pada semester 4, materi yang disampaikan berkorelasi dengan silabus yang diberikan pada kuliah Jaringan Komputer. Dengan adanya praktikum Jaringan Komputer, diharapkan menjadi media pendalaman materi serta sarana untuk mengenal Jaringan Komputer secara langsung bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Jaringan Komputer. Praktikum Jarkom terdiri dari 4 modul yang memiliki tahapan dengan tingkat pemahaman sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa saat ini.
  • Praktikum Desain Basis Data terdiri dari 8 modul secara keseluruhan. Modul tersebut terdiri dari 4 modul mengacu pada materi yang berhubungan dengan materi kuliah
    Basis Data, sedangkan pada 4 modul berikutnya menggunakan metode assistensi yakni mahasiswa langsung bertatap muka dengan asisten untuk membimbing mahasiswa dalam mengerjakan tugas besarnya sesuai dengan arahan dosen mata kuliah yang bersangkutan. Diharapkan dengan diadakan praktikum Basis Data dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai materi Basis Data serta dapat mengimplementasikannya secara nyata ke dalam bentuk aplikasi.
  • Praktikum Mikro Embedded diselenggarakan di semester 5 berbarengan dengan praktikum Desain Basis Data yang sebelumnya di bawah Laboratorium Mikroprosesor. Praktikum ini lebih memperdalam tentang mikro embedded yang nantinya dapat dikembangkan ke dunia robotik. Diharapkan dengan adanya praktikum ini lebih menunjang materi mikroprosesor.
  • Praktikum Sistem Operasi diselenggarakan pada semester 6, praktikum ini terdiri dari 6 modul,tujuan dari praktikum Sistem Operasi adalah sebagai sarana untuk pendalaman materi kuliah Sistem Operasi sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengetahuidan mengerti proses-proses yang terjadi di dalam Sistem Operasi secara umum, khususnya berbasiskan Linux. Selain itu pratikum Sistem Operasi memberikan edukasi mengenai Sistem Operasi yang bersifat Open Source untuk mengurangi ketergantungan pada Sistem Operasi yang bersifat proprietary guna mendukung program Indonesian Go Open Source (IGOS).

Mulai tahun 2012 Laboratorium Sistem Komputer mulai mengadakan Studi Grup dan Riset Grup untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer di luar mata kuliah. Studi Grup terdiri dari 3 bidang yang menjadi dasar Program Studi Sitem Komputer yaitu Hardware, Software, dan Networking. Materi yang ada pada Studi Grup difokuskan pada materi tertentu, misalnya untuk software belajar tentang aplikasi mobile, hardware belajar tentang embedded system, dan networking belajar tentang sistem routing dan sistem operasi linux yang sering digunakan untuk server. Sedangkan Riset Grup dilaksanakan oleh asisten laboratorium Sistem Komputer dan peserta Studi Grup pada semester sebelumnya. Studi Grup dan Riset Grup di bawah bimbingan dosen Program Studi Sistem Komputer.

Selain praktikum dan study group atau riset group Laboratorium Sistem Komputer juga telah melaksanakan beberapa workshop dan pelatihan. Antara lain pelatihan web programming dengan Joomla yang diselenggarakan untuk siswa SMA sekitar kampus IT Telkom, selain itu juga pelatihan dan workshop internet sehat untuk para petani yang diselengarakan oleh BEM KBM IT Telkom bekerja sama dengan Laboratorium Sistem Komputer.

DATA ASISTEN RISET DAN ASISTEN PRAKTIKUM LABORATORIUM SISTEM KOMPUTER

NO

               NAMA      NIM
1 Andryan Anasis 114090036
2 Ajimangun Lintang Mas 114090032
3 Alim Budhi Prasetya 114090011
4 Bondan Aji Prabowo 114090029
5 Indri Khoirunnisa 114090067
6 Intan Prawitya Mahardika 114090030
7 M. Pasha Aulia Rahman 114090092
8 Saeful Rohman 114090039
9 Tia Pramesti Nur Jannah 114090123
10 Yonathan Anggian 114090086
11 Mochamad Yusuf 114090027

Leave a comment